homedisablitiescar.com

Sunday, January 1, 2017

Ini Dia 5 Keunikan Negara-negara Asia Timur

January 01, 2017 0

Asia timur adalah salah satu kawasan asia yang dihuni oleh negara Jepang, Cina, Taiwan dan Korea.

Sudah adakah satu bayangan yang terbesit ketika mendengar nama-nama negara ini?
Nah itulah yang akan dibahas dalam artikel kali ini.

Ayo cek lagi apakah pemikiran anda ada dalam ulasan berikut.

Uniknya dimana?

Ok, sabar..
Segera akan dibahas keunikan dari semua negara yang ada di belahan timur asia ini.


1. Warna kulit dan mata

Putih..
Itulah warna kulit dari para penduduk yang tinggal di kawasan ini.

Ketika dijalanan bertemu dengan orang yang memiliki perawakan putih serta matanya sipit, pikiran pun langsung berasumsi bahwa orang ini berasal dari salah satu negara asia timur.

Apalagi jika tinggal ditempat pariwisata, Bali misalnya, penduduk dari negara-negara ini banyak ditemukan dengan mudah.

2. Jago teknologi

Tidak bisa disanggah lagi jika negara-negara disini berlomba untuk menjadi yang terbaik dalam bidang teknologi.

Jepang, Korea, Cina dan Taiwan sangatlah produktif dalam bidang telekomunikasi. Yang paling terlihat adalah produk smartphone.

Kitapun sebagian besar menggunakan smartphone buatan salah satu negara ini.

Belum lagi dibidang transportasi, alat-alat rumah tangga. Mereka sungguh giat dalam inovasi produk teknologi.


3. Arsitektur

Yang dimaksud kali ini adalah bangunan kuil atau istananya.
Bentuknya mirip-mirip ya?

Coba deh tengok dari atapnya, gerbang, tembok bangunan-bangunannya sangat mirip antara satu dan lainnya.

Jika masih bingung, coba deh lihat di google dan carilah dengan kata kunci "temple in ....". Tanda titik-titik diisi dengan negara yang ada diwilayah ini.

Cek satu per satu negaranya. Disana pasti akan ditemukan persamaan mengenai arsitekturnya.


4. Cara makan

Menggunakan mangkok dan sumpit.

Orang Jepang, orang Cina, orang Korea dan juga Taiwan memiliki cara yang sama dalam hal menyantap makanan.

Nasi akan digencet dengan sumpit dan langsung dikirim ke mulut. Lauk-lauknya pun diperlakukan sama.

Penggunaan sendok mungkin jarang ditemui. Anda pasti juga berpikir hal seperti ini kan ketika mengingat negara-negara ini?


5. Hurufnya

Semuanya tidak menggunakan huruf latin untuk tulisan resminya. Tulisan-tulisan yang digunakan antara satu sama lain mirip jika diperhatikan dengan sekilas.

Jepang menggunakan hiragana, katakana dan kanji. Nah tulisan kanji ini bersumber dari tulisan di negara Cina.

Cina dan Taiwan pun menggunakan huruf yang sama.

Korea karakter tulisannya lebih banyak bulatan-bulatan dibagian hurufnya. Coba deh cek tulisannya di internet. Pasti jelas bedanya.

Namun satu yang pasti bahwa di negara-negara ini tidak menggunakan huruf latin seperti kita dalam penulisan sehari-hari.

Kesimpulan

Seperti itulah keunikan yang ada pada negara-negara di Asia Timur. Anda pun pasti sudah pernah mengidentifikasikan sebelumnya.

Mulai dari warna kulit dan mata, teknologi, arsitektur, cara makan dan jangan lupakan hurufnya.
Semuanya hampir sama jika dilihat sekilas.

Baca juga :

Thursday, December 29, 2016

Kok Gembok Pintu Gerbang Cepat Karatan Ya?

December 29, 2016 1
Belum ada sebulan membeli gembok untuk gerbang rumah, eh karat sudah mulai menjalar di beberapa bagiannya.

Perkaratan ini akan terjadi pada bagian yang ada besinya.


Gembok biasanya dibuat dari besi secara total ataupun ada bagian badannya yang terbuat dari plastik.

Plastik tidak akan pernah berkarat. Kok bisa? 
Itu terjadi karena karat atau korosi ini hanya terjadi pada bahan yang mengandung besi (Fe).

Kok cepat?

Sebenarnya, dimanapun kita menaruh gembok ini, lama-lama dia pasti akan berkarat. Baik itu dipintu gerbang luar ataupun di dalam rumah.

Hanya yang ditugaskan di luar rumah paling cepat prosesnya. Contohnya gembok gerbang.

Kok bisa?

Salah satu faktor yang memperlancar perkaratan adalah air (uap air). Jika sudah ada air, besi pasti takluk.

Nah, gembok gerbang itu kan posisinya ada di luar.
  • Setiap malam pasti terkena embunan air dari udara dingin
  • Apalagi pas musim hujan, guyuran deras air pasti sering dideritanya.
Jadi keberaan gembok yang sering diselimuti air inilah yang membuatnya cepat diserang karat dan karat akan mengikis besinya sedikit demi sedikit.

Cara mudah mengendus keberadaan karat adalah timbulnya warna merah kecoklatan disekitar besi.

Gembok yang di dalam rumahpun tidak bisa mengelak dari serbuan karat. Karena udara di negara kita lembab (ada kandungan airnya).

Cuma prosesnya lebih lambat. 

Gembok di dalam rumah lebih terlindung dari sentuhan uap air dingin di malam hari ataupun deburan air hujan.

Bukankah gembok sudah dibuat dari baja anti karat (stainless steal)?
Kok masih bisa berkarat?

Ok, saya jawab satu per satu.

Betul, sekarang gembok sudah dibuat dari baja tahan karat. Bisa dilihat dari bentuknya yang mengkilap, seperti sendok makan di rumah.

Kok masih berkarat?

Tidak semua bagian gembok terkena karat jika sudah memakai baja tahan karat ini, ada beberapa bagian yang rentan.
  • Bagian tempat memasukkan kunci
  • Bagian ujung gembok, berbentuk huruf "U", yang masuk ke badan gembok ketika kita menguncinya.
Inilah dua bagian yang rentan.

Alasannya adalah disini merupakan bagian yang paling sering bergesekan. Gesekan membuat baja ini tergerus sedikit demi sedikit.

Kunci ketika diputar akan bergesekan dengan lubang pada gembok, begitupun dengan penguncinya yang keluar masuk ketika dibuka dan ditutup lagi.

Pada bagian yang  tergerus, perlindungan terhadap karat menjadi kurang dan inilah yang menjadi titik lemah.

Coba deh perhatikan gembok anda di rumah ya..


Baca juga :

Wednesday, December 21, 2016

Apakah Gula Larut Dalam Air Jika Tidak Diaduk?

December 21, 2016 0
Jawabannya adalah tidak, tidak terjadi secara cepat. Berarti larut dong? Iya, gula akan larut walaupun tidak diaduk.

Biar lebih afdol, mari ikuti cerita saya bagaimana bisa sampai pada kesimpulan ini..




Ketika gula diceburkan ke dalam air dan diaduk-aduk dengan bantuan sendok, gula tidak akan bertahan lama.

Ia akan larut dan bercampur sempurna dengan air.

Sebagai efeknya, air yang sudah disusupi gula ini akan berasa manis. Dan memang seperti itulah sifat gula, larut dalam air dan rasanya enak..

Jika tidak diaduk

Ada sesuatu yang menggelitik pikiran saya ketika gula larut dengan cepat dalam adukan sendok, apakah hal yang terjadi jika hanya didiamkan?

Seperti yang sudah disebutkan diatas, gula akan larut..
Ya, larut dan tidak berbekas..

Percobaan 1

Saya mengisi gelas dengan air seperempat bagian saja dan gula setengah sendok. Gelas inipun saya amankan agar tidak ada yang mengganggunya sama sekali.

Setelah 1 hari, gula ternyata masih bisa saya lihat dengan jelas..

Nah, dihari kedua bukti bahwa gula larut jika tidak diaduk benar-benar saya lihat. Gulanya sudah tidak ada dalam bentuk gelondongan.

Percobaan 2

Tidak puas dengan hanya sekali percobaan, kembali saya tambahkan gula ke dalam gelas yang tadi. Ukurannya sama, setengah sendok.

Keesokan harinya, gula masih terlihat.

Dan dihari kedua, lagi-lagi gula sudah hilang ditelan air. Seluruhnya hilang tanpa bekas..

Dan sesuai dugaan, setelah airnya saya cicipi, rasanya manis. Berarti ini membuktikan kalau gula sudah tercampur dengan air.

Prosesnya lambat

Tidak terbantahkan lagi kalau gula yang hanya dibiarkan bengong dalam air akan larut dalam waktu yang jauh lebih lama jika dibandingkan ketika diaduk.

Gula dengan satu sendok penuh akan langsung tak mampu menahan gempuran adukan sendok ketika diputar bersama air.

Ia hilang dalam hitungan detik.

Nah, yang sebaliknya terjadi jika hanya didiamkan. Tidak ada yang mengganggu gula dalam perenungannya dalam air sehingga hanya larut sedikit demi sedikit saja.

Jadi itulah kesimpulan percobaan ini, bahwa gula akan larut walau didiamkan saja dalam air. Tapi ini terjadi dalam waktu yang jauh lebih lama..

Trus mengapa gula larut lebih cepat ketika diaduk? Silahkan baca dibawah ini ya!!


Monday, December 19, 2016

Mengapa Spanduk Harus Dilubangi Sebelum Dipasang?

December 19, 2016 0
Pengumuman akan adanya suatu acara atau event adalah isi utama dari spanduk yang dibentangkan disamping jalan.

Tempatnya dipilih yang strategis..



Dimana?

Coba perhatikan diperempatan jalan ramai yang ada lampu merah. Nah disana biasanya spanduk sering nongkrong..

Kok ditempatkan disana sih?

Perempatan adalah tempat ramai dan pengguna jalan yang sedang diperintahkan berhenti oleh lampu merah, memiliki kesempatan untuk melirik-lirik apa yang tertulis di dalamnya.

Peluang untuk dibaca banyak orang semakin besar..

Trus kenapa dilubangi?

Apakah untuk variasi?
Bukan, bukan itu tujuannya..

Lubang-lubang ini biasanya kecil, ada yang lubang lingkaran dan ada yang disobek menyerupai segitiga.

Lubang ini berfungsi untuk mempermulus laju angin..

Hubungannya apa?

Angin bisa berhembus dari arah mana saja dan pastinya ia tidak akan sungkan untuk menabrak spanduk yang terbentang.

Angin ini jika tidak diberikan jalan akan semakin menjadi-jadi, spanduk bisa digoyang-goyang dan bukan tidak mungkin tali pengikatnya putus.

Sayang sekali dong..

Untuk alasan inilah lubang dibuat..

Angin yang mencoba menghantam spanduk diberikan kesempatan untuk lewat sehingga tidak terlalu membuat spanduk kelelahan menahan gempurannya.

Lubangnya tidak hanya satu lho..

Akan dibuatkan beberapa lubang kecil atau sobekan-sobekan dibeberapa titik agar semakin banyak memberikan kesempatan bagi angin untuk lewat.

Semakin banyak angin yang bisa menembus spanduk semakin baik, ia pun tidak tergoyang terlalu kencang.

Tapi ingat!!

Pemberian lubang inipun harus diperhitungkan dengan baik, dipilih posisi yang pas serta tidak menghilangkan kata-kata di dalamnya.

Dipilih tempat yang tidak ada tulisan agar tidak mengganggu pesan di dalamnya.

Jumlahnya juga harus diperhitungkan, agar tampilan spanduk masih rapi dan seperti terlihat tanpa ada lubang sama sekali.

Bukan cuma spanduk, baliho pun perlu dibuatkan saluran udara.

Baliho malah lebih beresiko, karena posisinya tiangnya ditanam dalam tanah dan ukurannya yang jauh lebih besar dibanding spanduk.

Jika tidak diberi lubang, angin akan dengan senang hati mengobrak-abrik dan jika sudah tidak tahan ia akan roboh.

Gubrakkk...

Kesimpulan

Untuk itulah diperlukan kehadiran lubang-lubang kecil di dalamnya..

Spanduk dan baliho lebih kuat dan aman dari terjangan angin yang datang sesuka hati tanpa peringatan dini.

Pesan yang ingin disampaikan pun bisa dibaca dengan baik oleh orang yang lewat..

Jangan lupa untuk mengatur jumlah lubangnya ya.. Tidak terlalu banyak dan tidak terlalu sedikit. Posisi lubang juga harus diperhatikan..

Nah, semoga bermanfaat..

Wednesday, December 14, 2016

Mengapa Sayur Di Kulkas Tidak Cepat Layu?

December 14, 2016 1


Sayur adalah salah satu bahan makanan yang cepat busuk, layu dan akhirnya kering. Jadi tidak heran jika bahan yang satu ini sering dikurung dalam lemari es anda.

Untuk apa?
Jawaban yang paling sering didengar adalah biar tahan lebih lama.

Mengapa?
Kok bisa tahan lebih lama?

Nah, inilah yang akan coba saya bahas dalam tulisan ini.

Penyebabnya

Banyak yang tahu kalau kulkas mampu menjaga kualitas sayuran yang anda punya.

  • Segar
  • Warnanya tetap bagus
  • Tidak layu
  • Dan tidak kering
Tapi tahukah apa yang menyebabkan itu terjadi?
Terjaganya kadar air dengan baik dalam sayuran itu.

Yap..

Dalam sayuran itu ada kandungan air dengan persentase tertentu. Nah, ketika air ini hilang dari dedaunan itu, sayurpun mulai kering dan perlahan menguning.

Tapi dalam kulkas, proses ini bisa diperlambat.

Tidak akan cepat kuning jika dibandingkan ketika diletakkan diluar kulkas.
Dan yang menjadi aktor utama kali ini adalah suhu kulkas yang lebih dingin dari udara sekitar.

Udara dingin mampu memperlambat penguapan air dalam sayuran. Inilah alasan utama mengapa sayuran itu jauh lebih awet ketika dikurung dalam kulkas.

Ibu-ibu rumah tangga yang sekaligus berperan sebagai wanita karir pasti terbantu sekali dengan kehadiran kulkas.

Mereka tidak perlu sering berkunjung ke pasar.
Seminggu sekali tidak masalah.

Sekali beli langsung banyak dan serahkan tugas menjaga kesegarannya kepada pendingin di rumah.
Aman sudah..

Jadi, setiap pagi ketika mau memasak tinggal comot saja sayuran mana yang harus dicincang.
Mudah sekali bukan?

Tanpa kehadiran pendingin di rumah, sayuran paling lama tahan 2 hari di udara terbuka.
Setelah itu langsung lunglai dan tidak tertarik untuk meliriknya.

Kalau punya kebun sayur di rumah sih enak. Tinggal petik beberapa yang diperlukan setiap hari.
Dan bagi mereka yang tinggal dikota, kebun adalah sesuatu yang langka.

Lahan rumah yang terbatas membuat mereka kesulitan berkreasi. Tapi sekarang ada sistem hidroponik yang lebih hemat lahan lho..

Jadi sayuran segar bisa dipanen setiap hari, keren kan?

Kalau hasil panen berlebih, tinggal sekap saja mereka dalam kulkas. Aman sudah untuk seminggu.
Jadi jelas ya mengapa sayuran itu tahan lama ketika disimpan di kulkas.

Kadar air di dalamnya mampu dijaga oleh udara dingin yang diproduksi oleh kulkas.

Ketika air dalam sayuran tetap terjaga kadarnya, maka sayuran tetap segar dan tidak mudah layu.
Tapi jika terlalu lama disimpan dalam kulkas, sayuran juga tidak baik lagi.

Bisa busuk..

Coba deh tengok sayuran yang sudah lama nongkrong dalam kulkas, pasti ada rembesan-rembesan air.

Itu artinya sudah tidak baik dipakai.

Coba cek kondisinya, kalau sudah busuk langsung saja campakkan ke dalam bak sampah.

Biar tidak rugi, para ibu-ibu tentunya sudah bisa memprediksi berapa banyak sayuran yang diperlukan dalam waktu seminggu misalnya.

Uangpun bisa dihemat karena semua sayur bisa dipakai dan tidak ada yang busuk.

Tuesday, December 6, 2016

Minyak Goreng, Solusi Bagi Gembok Anda Yang Keras Dan Berkarat

December 06, 2016 0
Krek krek krek...

Kreeeeeeekkkkkkkkkkkk......
Ptakkk...

Kuncipun jadi patah..


Pernah mengalami penderitaan seperti ini?

Kunci atau gembok kok ga mau nurut. Sudah diputar-putar dan digelitikin pakai kunci ga mau buka juga..

Bandel amat sih..

Kalau mereka yang sabarnya setinggi langit sih ga bakalan pernah marah sama yang beginian. Tinggal getok saja pakai palu, kelar urusan..

Iya, gemboknya kebuka, tapi masih harus beli yang baru lagi..
Sayang kan duitnya??

Pakai minyak goreng

Minyak goreng memang jago banget untuk urusan menggoreng dan menghasilkan ayam yang renyah nan nikmat..

Ibu-ibu dipastikan galau kalau minyak tidak membasahi penggorengannya..

Dan rasa galau anda karena gembok yang susah dibuka ini juga bisa diatasi oleh tetesan-tetesannya yang halus itu.

Mengapa minyak goreng sih?

Alasan utamanya adalah paling mudah ditemukan. Langsung saja ngacir ke dapur dan angkut beberapa tetesannya saja..

Ga perlu banyak..

Kalau bisa minyak goreng baru, jangan yang sudah dipakai. Biar baunya masih ok dan tidak ada semir-semir amis..

Nanti gembok malah menjadi mainan baru bagi semut iseng..

Pakai oli bisa, oli baru kalau memungkinkan.
Tapi oli biasanya jarang "ready stock" di rumah.

Malas kan pergi ke bengkel untuk memintanya..
Minta? Beli dong.. :)

Lagian saya lebih suka mencium aroma minyak goreng baru dibandingkan oli..

Caranya gimana?

Ambil minyak sedikit saja dan tuangkan dalam wadah yang sudah disiapkan. Langkah selanjutnya adalah memanggil si gembok..

Pegang dia dengan mantap..
Tuangkan sedikit minyak ke 2 lubang gantungan dan satu lubang kunci..

Untuk lubang kunci paling mantap kuncinya yang diolesi minyak terus tuntun dia ke lubang yang harus dirangseknya.

Putar-putar kuncinya sedikit demi sedikit sampai lancar..

2 lubang tempat gantungannya jangan lupa juga goyang-goyang biar minyaknya bisa menyusup dan melemahkan perlawanan karat.

Nah, seharusnya sekarang kunci anda sudah bisa dibuka dalam tahapan ini..

Kalau belum juga, coba tambahkan kucuran minyak ke semua lubangnya. Biarkan beberapa detik agar minyak semakin bisa merangsek ke dalam lubang.

Putar-putar lagi..
Goyang-goyang lagi..

Ok, cukup..
Harusnya sudah oke kondisi kunci anda sekarang... hehe..

Kok ga pakai air?

Jangan..
Air itu tidak boleh digunakan dalam pekerjaan yang satu ini.

Fatal..

Air itu merupakan dalang besar dalam terjadinya karat dalam gembok. Air mampu mempercepat proses perkaratan pada besi.

Jadi salah besar kalau memasukkan air ke dalam lubang-lubangnya.

Itulah sebabnya, gembok pintu gerbang yang terletak di luar rumah dan sering dihantam hujan serta udara lembab dimalam hari akan cepat karatan.

Sebelum gembok susah dibuka, lakukan deh penetesan minyak ini sekali dalam dua minggu. Biar tetap enak diputar dan ditariknya.

Mudah sekali bukan?

Jangan biarkan gembok rusak dan berkarat gara-gara tidak pernah diberi perhatian.

Buatlah dia bertahan lebih lama lagi dalam melayani anda dengan menyirami sedikit minyak ke dalam tiga lubangnya...

Thursday, November 24, 2016

Batas Waktu Pagi, Siang, Sore Pada Jam

November 24, 2016 0
Sering ya bingung dengan pembagian waktu ini?
Pada saat mentari bersinar, pukul 10.00 itu pagi apa siang? Pukul 15.00 itu siang apa sudah sore?

Pembagian waktu dalam sehari

Tenang..
Disini akan coba ditulis tentang pembagian waktu tersebut.

Sehingga para pembaca sekalian akan mendapatkan sedikit gambaran mengenai pembagian waktu dalam sehari.

Ayo kita lanjutkan lagi ceritanya..

Batas-batasnya

Kita bedah dari pagi saja ya..

Atau anda mau dimulai dari sore?
Ok, saya tetap memulainya dari pagi saja deh..

Pagi

Pagi adalah waktu dimana matahari mulai beranjak bangun.

Kadang matahari itu sudah muncul pukul setengah 6 dan bahkan belum muncul pada pukul setengah 7.

Ini tergantung dari posisi matahari ada dibelahan bumi mana.
Tapi kita tidak akan membahas hal itu.

Pagi dimulai dari pukul 05.00 dan berakhir pukul 10.00.

Jadi pukul 09.30 itu masih pagi ya, belum siang..

Siang

Nah, setelah pagi selesai menunaikan tugasnya, sekarang giliran siang yang beraksi.

Sudah tahu dong kapan siang dimulai?
Benar, tepat setelah pukul 10.00.

Jadi siang itu berlangsung antara pukul 10.00 sampai pukul 15.00.

Atau kalau anda tidak membawa jam, waktu siang hari sangatlah pas ditunjukkan oleh perut yang meronta kelaparan.

Sore

Waktu sore beranjak dari pukul 15.00 sampai pukul 18.00.

Sengatan sinar matahari mulai melunak  ketika memasuki waktu ini dan banyak orang yang memanfaatkannya untuk berolahraga.


Petang

Belum bisa disebut malam dulu ya, waktu antara pukul 18.00 sampai 19.00 ini disebut dengan petang.

Waktu ini menandakan peralihan antara sore menjelang malam.


Malam

Nah, tepat pukul 19.00 barulah malam menjelang.

Malam berlangsung dari pukul 19.00 sampai pukul 24.00. Lho, kok cuma sampai jam 24.00 saja? Bukannya malam masih lebih lama lagi?

Benar, lewat pukul 24.00 itu masih dalam keadaan gelap tapi tidak tepat disebut dengan malam.

Lebih tepat disebut dengan "dini hari".

Dini hari berlangsung dari pukul 24.00 sampai 03.00.

Lanjut lagi..
Pukul 03.00 sampai 05.00 itu sering disebut subuh.

Lewat dari pukul 05.00, balik lagi ke pagi hari..

Ada koreksi?

Seperti itulah perputaran dari siklus pagi, siang, sore, malam sampai pagi lagi.

Kalau ada masukan, jangan berkomentar dengan ragu-ragu. Langsung saja tulis dibawah ya..
Biar ilmunya semakin lengkap..

Masukan dari para pembaca bisa menjadi masukan berharga yang pastinya bermanfaat bagi para pembaca lainnya yang ingin mengetahui siklus jam..